Terbongkar! Misteri Dibalik Rahasia Nasi Padang Jika Dibungkus Porsinya Lebih Banyak







Nasional.in ~ Untuk kamu para pecinta kuliner Indonesia, pasti tak asing lagi dengan masakan khas warga Minang, yakni nasi padang.

Saking lezatnya, kepopuleran nasi padang bahkan masuk ke jajaran makanan paling enak sedunia loh!

Namun jika diperhatikan, porsi nasi padang saat dibungkus terbilang lebih banyak ketimbang saat kamu menyantapnya di restoran.

Ternyata hal ini dikarenakan kebiasaan warga Minang, terutama bagi mereka yang berjualan nasi padang untuk memberikan porsi nasi dua kali lipat lebih banyak apabila makanannya dibungkus.

"Kalau dibungkus, nasinya pasti lebih banyak. Memang begitu kebiasaannya, di semua restoran" kata Reno Andam Suri, seorang pakar kuliner Minang dan penulis buku 'Rendang Traveler : Menyingkap Bertuahnya Rendang Minang', seperti dilansir dari Kompas.com.

Menurut Reno, hal ini dikarenakan kesadaran orang Minang yang beranggapan bahwa jika makanan tersebut dibungkus atau dibawa pulang maka si pembeli tak mungkin makan sendiri.

"Kalau dibawa ke rumah, pasti untuk lebih dari satu orang," lanjutnya.

Alasan lain yang melandasi kebiasaan unik tersebut ialah, adanya patokan untuk porsi nasi yang dibungkus pada masing-masing daerah dan estetika yang dipertibangkan, agar makanan tetap nampak menggugah selera meski dibungkus.

"Entah kenapa, memang sudah ada patokan banyaknya nasi untuk dibungkus. Besarnya akan lebih bagus jika nasinya sekian centong. Jadi memikirkan estetikanya juga," papar Reno.

Tak hanya itu, menurut wanita yang berbisnis rendang tersebut, hal itu juga tak lain karena adanya pertimbangan si penjual yang berfikiran bahwa jika hanya membeli nasi dan ayam rasanya ada yang kurang.

Maka dari itu, para penjual nasi padang umunya sering memberikan bonus seperti kuah kari, sayur nangka dan daun singkong rebus juga sambal hijau.

"Kalau nasinya banyak dan lauknya cuma satu, sepertinya ada yang kurang. Orang Padang paham betul itu," jelasnya.

Meski demikian, kebijakan untuk tambahan harga jika makanannya dibungkus tergantung pada setiap rumah makan.

Ada yang menaikan harga atau malah sebaliknya.

Wah sekarang sudang terjawab, misteri yang selama ini menjadi pertanyaan para pecinta kuliner.

Kalau kamu lebih suka dibungkus atau makan ditempat ?
ADA BERITA MENARIK SCROLL KE BAWAH www.NASIONAL.in
Sumber Berita : Tribunnews.com


[nasional.in/apik.apikepol.com]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: