Tuntutan Untuk Basuki Jauh Dari Rasa Adil






Apikepol.com - Tuntutan satu tahun penjara dan dua tahun masa percobaan untuk terdakwa kasus dugaan penistaan agama Islam, Basuki Tjahaja Purnama, tidak memenuhi rasa keadilan.

Begitu disampaikan anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS, Nasir Djamil, menanggapi tuntutan yang ditujukan jaksa kepada Basuki dalam persidangan hari ini, Kamis (20/4).

"Ini kok aneh ya, kasus penistaan yang menimbulkan reaksi dari umat di Indonesia bahkan diprediksi jutaan umat turun ke jalan hanya dituntut dua tahun percobaan. Ini tidak benar," kata dia seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Dia mencontohkan kasus Arswendo Atmowiloto di tahun 1990 dan kasus HB Jassin tahun 1968, menunjukkan bahwa tuntutan jaksa sampai lebih dari dua tahun penjara, dan ada yang hanya satu tahun percobaan. Tetapi, kasus tersebut tidak sampai menimbulkan reaksi masyarakat yang berlebihan seperti kasus Basuki.

"Basuki telah jelas-jelas dan secara sadar mengungkapkan kalimat yang berujung pada penistaan dan menimbulkan reaksi masyarakat malah hanya dituntut lebih tinggi sedikit dari kasus HB Jassin," kata Nasir.

Meski demikian, dia masih berharap agar majelis hakim dapat memutuskan kasus Basuki lebih sesuai dengan rasa keadilan, berdasarkan dengan fakta-fakta persidangan. Sehingga publik dapat merasakan keadilan dari putusan itu.

Diketahui, jaksa penuntut umum pada Pengadilan negeri Jakarta Utara mendakwa Ahok dengan Pasal 156 huruf (a) KUHP, di mana ancaman hukuman lima tahun. Begitu masuk tahap tuntutan, gubernur DKI Jakarta itu malah dinyatakan secara sah dan terbukti melanggar Pasal 156 KUHP dalam dakwaan alternatif. Padahal tuduhan dari penyidik ada dua, yakni melanggar Pasal 156 huruf (a) dan Pasal 28 Undang-Undang 11/2008 tentang ITE. Pasal 28 UU ITE diganti jaksa dengan Pasal 156 tentang penistaan antar golongan. (rmoljakarta) [Ummatuna/Apikepol]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: