Ahok Ngotot Gusur Kampung Akuarium, Satpol PP Diminta Sikat Bangunan Semi Permanen







Ahok Ngotot Gusur Kampung Akuarium, Satpol PP Diminta Sikat Bangunan Semi Permanen

Apikepol.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan akan terus melakukan penertiban di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Bahkan penertiban akan dilakukan hingga akhir masa jabatannya pada Oktober 2017."Ya kita sikat (tertibkan) terus," ujar Ahok, Selasa (2/5/2017) di Jakarta.

Ahok menegaskan dirinya sudah meminta Wali Kota Jakarta Utara dan Satpol PP melakukan penertiban di Kampung Akuarium. Dia membenarkan bahwa penertiban akan dilakukan pada pekan ini."Aku sudah minta Wali Kota tertibkan, termasuk Satpol PP, iya (pekan ini ditertibkan). Kita akan sikat saja udah," kata Ahok.

Tak hanya itu, Ahok juga menyindir Anies Baswedan soal pernyataannya yang menyebut Ahok tidak akan menggusur warga di Kampung Akuarium."Kasihan sama Pak Anies nanti kalau nggak digusur (sekarang). Janjinya nggak digusur, tahu-tahu digusur kan nggak enak. Kalau sekarang kan enak, bilang bukan gue (Anies) yang gusur, Ahok yang gusur," tandasnya.

Saat ini ada 169 keluarga dengan 150 bangunan yang masih bertahan di Kampung Akuarium. Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah mengatakan penertiban di lokasi tersebut dilakukan pekan ini. "Satpol PP tadi sudah ditegur. Minggu ini mau dirapikan, kita tertibkan lagi. Satpol PP yang melakukan itu bersama Wali Kota," ujar Saefullah.

Secara terpisah, gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan meminta Ahok menahan rencana penertiban Kampung Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara. Anies berharap Ahok menghormati masa transisi kepemimpinan sebelum menertibkan beberapa bangunan semipermanen yang kembali muncul di kawasan tersebut. "Saya berharap agar kebijakan pembangunan, apalagi di bulan-bulan terakhir, mempertimbangkan faktor-faktor potensi transisi (kepemimpinan)," katanya.

Terkait penataan kawasan Kampung Akuarium tersebut, Anies memastikan, solusi yang diberikan akan memberi rasa keadilan bagi warganya. Dikatakan Anies, kampung Akuarium akan ditata lebih manusiawi. Elemen manusia dan lingkungan akan menjadi prioritas dalam mengambil kebijakan. Anies juga meminta Ahok tak melakukan penggusuran di kampung yang digusur 2016 tersebut.

"Komitmen kita adalah penataan lingkungan, bukan penggusuran. Saya berharap enam bulan ke depan itu kebijakan yang memperhitungkan rencana perubahan," ujar dia. [opinibangsa.id / ngel]

[apikepol.com]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: