Tak Bubarkan Massa Pendukung Ahok, Kata Polisi: Kami Pertimbangkan Aspek Kemanusiaan







Tak Bubarkan Massa Pendukung Ahok, Kata Polisi: Kami Pertimbangkan Aspek Kemanusiaan

Opini Bangsa - ‎Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo mengungkapkan, bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan aspek kemanusiaan sebelum membubarkan aksi demonstrasi pendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di depan Rutan Cipinang, Jakarta Timur.

Andry menjelaskan, penegakan hukum harus dilakukan dengan melihat berbagai pertimbangan. Sebab itu, penegak hukum memiliki diskresi dalam setiap pelaksanaan aturannya.

"Hukum itu sifatnya ada prinsip-prinsipnya. Ada azas-azasnya. Jadi tidak kemudian saklek kita melakukan suatu hukum seperti itu. Ada pertimbangannya. Ada diskresi. Ada keputusan-keputusan lokal, ada keputusan-keputusan setempat yang bisa diambil melihat situasi yang dihadapi. ‎Betul hukum mesti ditegakkan tapi harus mempertimbangkan aspek kemanusiaan, ketertiban yang lain. Ini menjadi pertimbangan kita," kata Andry di lokasi, Selasa (9/5/2017) malam.

Andri mengatakan, pihaknya tengah melakukan negosiasi kepada para pendukung mantan Bupati Belitung Timur tersebut. Menurut dia, dengan menjalin komunikasi dengan massa pendukung Ahok maka aksi demonstrasi dapat dibubarkan dengan kondusif.

"‎Dalam model negosiasi, dalam model komunikasi tidak ada istilahnya berhenti. Kita harus terus berkomunikasi, berdialog dengan berbagai komponen. Harus sama-sama menyelesaikan masalah hari ini di Cipinang dengan baik," sambungnya.

"‎Kalaupun kemudian ada sesuatu hal yang berkaitan dengan pengadilan ada mekanisme, ada sistem hukum. Dengan kekurangan dan kelebihan sistem hukum itu harus kita hormati sistem hukum kita," tutupnya. [opinibangsa.id / okz]

[apikepol.com]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: