The Islah Center: Peran Ormas Islam Penting untuk Menjaga Ukhuwah Islamiah di Indonesia









Peran ormas Islam, baik NU, Muhammadiyah, FPI, Persis, Dewan Dakwah Islamiah, Nahdlotul Wathon, dan lainnya, sangat diperlukan dalam membangun ukhuwah Islamiah di Indonesia. Hal ini dikarenakan ukhuwah (brotherhood) antarumat Islam Indonesia akan menumbuhkan solidaritas nasional yang merupakan cikal bakal keharmonisan dan perdamaian antar umat Islam di negara tercinta ini.

"Apabila solidaritas nasional antarumat Islam Indonesia mampu terwujud, maka peran umat Islam Indonesia akan semakin efektif dan strategis untuk senantiasa bersama-sama menjadi mitra pemerintah dalam melakukan pembangunan di segala bidang," ujar Direktur The Islah Center, Mujahidin Nur, dalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Sabtu (20/5/2017).

Menurutnya, untuk merealisasikan semua itu, tidak hanya diperlukan sikap saling memahami (tafahum), kematangan toleransi (tasamuh), penerimaan pada yang lain (qobul al akhor), senantiasa menjaga persatuan (wahdah), menghilangkan sekat dan fanatisme golongan (ashobiyah) antarormas Islam, namun hendaknya umat Islam Indonesia juga mempunyai forum bersama yang terlembagakan dan mempunyai agenda-agenda konkret yang secara periodik membahas masalah-masalah kebangsaan dan keumatan.









[M.Bersatu/apik.apikepol.com]

“Jika engkau punya teman – yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah- maka peganglah erat-erat dia, jangan pernah kau lepaskannya. Karena mencari teman -‘baik’ itu susah, tetapi melepaskannya sangat mudah sekali” [Imam Syafi'i]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: