Inflasi Mei 0,39 Persen, Menteri Darmin: Sedikit Tinggi, Walau Tidak Tinggi Sekali








Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan laju inflasi pada Mei 2017 yang mencapai 0,39 persen dibandingkan April 2017 cukup tinggi. Namun, menurut dia, angka tersebut masih aman untuk mencapai target inflasi dalam APBN 2017 sebesar 4 plus minus 1 persen.

"Sedikit tinggi itu walaupun tidak tinggi sekali. Artinya, untuk mencapai target di bawah 5 persen masih oke. Memang volatile food-nya," kata Darmin di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Juni 2017.


Darmin berharap, walaupun laju inflasi bulan ini cukup tinggi, laju inflasi secara keseluruhan hingga akhir tahun mendekati 4 persen, tidak ke arah 5 persen. "Kalau di bawah 0,4 persen masih oke. Kesimpulannya, masih dalam range yang cukup baik tapi sudah mulai mentok."


Badan Pusat Statistik (BPS) merilis bahwa pada Mei 2017 terjadi inflasi sebesar 0,39 persen. Sementara itu, laju inflasi tahun kalender, yakni sepanjang Januari-Mei 2017, mencapai 1,67 persen dan laju inflasi dibandingkan Mei 2016 mencapai 4,33 persen. 

Menurut data BPS, inflasi bulan ini salah satunya dipicu oleh kenaikan harga kelompok bahan makanan, yakni sebesar 0,86 persen. Komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Mei 2017 antara lain bawang putih, telur ayam ras, dan daging ayam ras.

sumber : tempo




[M.Bersatu/apik.apikepol.com]

“Jika engkau punya teman – yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah- maka peganglah erat-erat dia, jangan pernah kau lepaskannya. Karena mencari teman -‘baik’ itu susah, tetapi melepaskannya sangat mudah sekali” [Imam Syafi'i]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: