Nah Loh! Baru di Era Jokowi, Masakan Kurang Garam








Nasional.in ~ Kelangkaan garam akhir-akhir ini, membuat ibu-ibu termasuk peddagang makanan kelabakan. Mereka heran baru kali ini terjadi kelangkaan garam.

Mak Emong (63), pemilik rumah makan Sunda di kawasan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, dilanda galau. Dalam seminggu ini, dirinya kesulitan mendapatkan garam. Alhasil, dia harus mengurangi porsi masakannya.

“Pokoknya setelah Lebaran itu, harga garam terus naik. Saya biasa beli yang isi 10 bungkus Rp 35 ribu. Naik menjadi Rp 60 ribu. Naik lagi Rp 85 ribu. Kini hampir seratus tapi barangnya enggak ada,” paparnya kepada INILAHCOM, Selasa (25/7/2017).

Mak Emong yang sudah puluhan tahun berdagang kuliner khas Sunda ini, mengaku harus mengurangi porsi masakannya. Dan, upaya mendapatkan garam dilakukan dengan mengontak kerabatnya yang berada di luar kota. Namun, hasilnya sami mawon, garam langka.

“Saya telpon adik di Cianjur dan Ciamis, enggak ada garam. Ini kok aneh. Baru zamannya Pak Jokowi terjadi kelangkaan garam. Masakan saya jadi kurang resep (enak),” paparnya.

Sementara, Sekjen Asosiasi Industri Pengguna Garam Indonesia (AIPGI) Cucu Sutaramengakui, sebagian besarr industri garam beryodium untuk rumah tangga, mengalami kesulitan bahan baku.

Celakanya, lantaran tak ada bahan baku, industri garam mengurangi jam operasi. “Banyak karyawan produsen garam konsumsi yang dirumahkan, karena sebagian besar sudah stop produksi. Puluhan ribu orang yang bergantung terhadap produsen garam akan menganggur,” ujar Cucu di Bandung, Senin (24/7/2017).

Saat ini, lanjut Cucu, persediaan garam dalam negeri terus menipis. Dalam kondisi normal, kapasitas produksi dalam negeri sebesar 1,8 juta ton per tahun. Sementara total kebutuhan untuk konsumsi dan industri sebesar 4,3 juta ton per tahun.

Ya, pemerintah dan pengusaha sah-sah saja berkilah. Boleh-boleh saja menyalahkan alam yang memicu kurangnya bahan baku garam, Atau menuding ada pihak-pihak yang bermain di air keruh. Rakyat kecil hanya punya keinginan sederhana. Garam mudah didapat dan terjangkau kantong agar masakan di rumah tak hambar lagi.

ADA BERITA MENARIK SCROLL KE BAWAH www.NASIONAL.in
Sumber Berita : [Gema Rakyat / inc]


[nasional.in/apik.apikepol.com]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: