Tiba di Bangladesh, Tim Muhammadiyah Aid untuk Rohingya Diawasi Ketat







Tiba di Bangladesh, Tim Muhammadiyah Aid untuk Rohingya Diawasi Ketat

Berita Islam 24H - Tim Muhammadiyah Aid telah berhasil masuk ke wilayah Cox’s Bazar, Bangladesh dengan membawa bantuan kemanusiaan bagi pengungsi muslim Rohingya. Kedatangan relawan asal Indonesiaa diawasi dengan ketat.

Tim Muhammadiyah Aid tiba di Bangladesh (23/09), dengan misi solidaritas kemanusiaan membantu para pengungsi Muslim Rohingnya yang terusir dari kampung halaman mereka di provinsi Rakhine, Myanmar. Tim tersebut terdiri atas Andar Nubowo perwakilan Lazismu, Abdoel Malik R perwakilan dari MDMC, dan Dr. Corona Setiawan. Tim dokter sendiri beranggotakan tiga dokter dan sembilan perawat.

Sama dengan lembaga kemanusiaan lainnya, tim itu sulit untuk masuk ke lokasi pengungsian muslim Rohingya. Melalui pernyataan tertulis, Selasa (26/09), tim Muhammadiyah Aid mengaku koordinasi dengan pemerintah Bangladesh dan lembaga-lembaga kemanusiaan lokal serta internasional menjadi tantangan tersendiri.

Andar Nubowo mengatakan kondisi di sana cukup ketat untuk bantuan asing, termasuk dari Indonesia. “Kedatangan relawan asing dari Indonesia, Malaysia dan Turki sejak kedatangan diawasi ketat,” katanya.

Tim Medis Muhammadiyah Aid, akhirnya diizinkan masuk oleh Pemerintah Bangladesh (25/09). Seluruh Tim ikut menandatangani kesepakatan (MoU) dengan lembaga Bangladesh Tim Muhammadiyah Aid juga mengikuti rapat koordinasi dengan Tim Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) setibanya di Dhaka, Bangladesh.

Kendati dalam situasi yang sulit, mereka berupaya bekerja semaksimal mungkin. Tim Muhammadiyah Aid juga memohon doa kepada masyarakat Indonesia supaya kami di lapangan mendapat kemudahan dan kelancaran dalam menunaikan misi kemanusiaan.

Muhammadiyah tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan untuk Myanmar (AKIM) yang diinisiasi oleh Kementerian Luar Negeri. Sejauh ini Total donasi yang terkumpul lewat Lazis Muhammadiyah (Lazismu) sebesar Rp 15 miliar. [beritaislam24h.info / kn]


Terimakasih sudah membaca artikel: Tiba di Bangladesh, Tim Muhammadiyah Aid untuk Rohingya Diawasi Ketat

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: