Harga Bawang dan Cabe Anjlok, Menteri Pertanian: Ini Menyedihkan, Petani Tertekan








Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan harga cabai merah kriting mengalami penurunan yang sangat tajam. Menurut Menteri Pertanian Amran Sulaiman, harga cabai merah kriting di suatu daerah yang sempat dikunjunginya mencapai Rp 2 ribu per kilogram.

"Ini menyedihkan. Petani tertekan. Karena over supply, ini harus dijaga. Kalau tidak, menyulitkan tahun depan. Tahun ini memang stabil. Tapi setelah itu," kata Amran saat meninjau Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu, 17 Juni 2017.

Menurut Amran, selain harga cabai merah kriting, harga bawang merah juga turun cukup dalam. Di Solok, Sumatera Barat, harga bawang merah mencapai Rp 10 ribu per kilogram. "Petani di desa teriak. Kami sudah menyampaikan kepada Perum Bulog, tolong diserap," tuturnya.

Enggar berujar, apabila penurunan harga cabai merah keriting dan bawang merah didiamkan, harga keduanya bisa anjlok pada 2018 mendatang. Untuk itu, pemerintah telah menugaskan Perum Bulog untuk segera menyerap kedua komoditas tersebut di petani sesuai harga acuan. 

Untuk bawang merah, telah ditetapkan harga acuan pembelian di tingkat petani sebesar Rp 15.000 per kilogram untuk konde basah, Rp 18.300 per kilogram untuk konde askip, dan Rp 22.500 per kilogram untuk rogol askip. Adapun harga cabai merah keriting dipatok Rp 15.000 per kilogram.

sumber : tempo



[M.Bersatu/apik.apikepol.com]

“Jika engkau punya teman – yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah- maka peganglah erat-erat dia, jangan pernah kau lepaskannya. Karena mencari teman -‘baik’ itu susah, tetapi melepaskannya sangat mudah sekali” [Imam Syafi'i]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: