Amien Rais Sebut KPK Lemah, "Kalau kuat harusnya sumber waras selesai"








Politikus senior PAN, Amien Rais, mengomentari pernyataan Pansus angket KPK yang berjanji tidak akan melemahkan KPK. Menurutnya, KPK sudah lemah. Dia memaparkan beberapa kasus yang ditangani oleh KPK namun tidak selesai.

"Beda saya dengan teman-teman. Kalau teman-teman jangan tanya, jangan lemahkan KPK, saya ketawa. Apakah KPK itu kuat? Kalau kuat, BLBI sudah selesai, Hambalang sudah selesai. Kalau kuat, Century selesai, Sumber Waras selesai. Jadi KPK itu lemah. Jangan katakan lemahkan KPK, wong memang sudah lemah kok," kata Amien di gedung DPR, Rabu (19/7).

Menurutnya, KPK hanya tegas dengan kasus korupsi kecil.

"Jadi kelemahan KPK sudah titik jenuh, Kalau dia kuat, itu semua kasus sudah selesai. Ini kan OTT Rp 10 juta, Rp 400 juta, disegel kantor DPRD Mojokerto, ini kan lemah," ujar Amien.

Amien menyebut tugas KPK harus dibatasi karena sudah di luar batas.

"Menurut saya, KPK yang selama ini sebagai ad hoc, yang sudah kelewatan, memang harus dibatasi," ujarnya.

Masalah-masalah tersebut yang sebenarnya akan disampaikan Amien saat audiensi dengan Pansus angket KPK, namun harus ditunda karena Amien harus melengkapi beberapa dokumen dan Pansus juga ada agenda dengan Wakapolri. 

"Saya guru besar di bidang politik ya. Maaf, saya tidak sombong. Sombong enggak boleh ya. Saya di (Universitas) Gadjah Mada, ke Chicago dulu, pernah jadi Ketua MPR, saya tahu negeri ini, masa saya diam aja. Jadi tanggung jawab moral saya sebagai warga negara saya sampaikan. Cuma momentumnya lebih tepat beberapa hari lagi dan ini Pak Setnov jadi tersangka. Jangan-jangan saya dianggap memainkan kartu di mana saya. This is my own, this is my perspective, this is my conclusion tentang KPK itu," papar Amien.





[M.Bersatu/apik.apikepol.com]

“Jika engkau punya teman – yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah- maka peganglah erat-erat dia, jangan pernah kau lepaskannya. Karena mencari teman -‘baik’ itu susah, tetapi melepaskannya sangat mudah sekali” [Imam Syafi'i]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: