Penjelasan Menteri Pertanian di Akun Fb-nya Soal Beras Maknyuss, Rame-rame “Dibantai” Netizen








Nasional.in ~ Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melalui akun facebooknya (25/7/2017) menjelaskan tentang kasus beras PT IBU (Maknyuss dan Ayam Jago) yang kini sedang ramai diperbicangkan pasca penggerebekan pada Kamis (21/7) pekan lalu.

Berikut penjelasan Mentan Andi Amran Sulaiman (capture, penomoran 10 dobel):



Postingan Mentan ini malah semakin membuat publik di sosial media ramai-ramai “membantai” penjelasan Mentan Amran.

Berikut di antaranya:

[Abu Saif Kuncoro Jati]

Dari penjelasan Mentan, yang saya tangkap:

1. Masalah nilai kandungan gizi tidak diklarifikasi. Kemungkinan karena pernyataan yang sudah terlanjur disebar media adalah salah dan blunder karena sudah tahu bahwa yang benar adalah presentase Angka Kecukupan Gizi.

2. Perhitungan yang diungkapkan Mentan tentang disparitas harga mengesampingkan varian produk PT IBU lain selain yang versi Gold atau yang paling mahal. Padahal dari produk PT IBU, ada beras yang dijual retail di harga 12.xxx per kilo.

3. Kerugian negara ratusan triliyun sudah tidak dibahas lagi. Artinya Mentan sadar bahwa kerugian ratusan triliyun itu tidak ada.

4. Mentan mengakui secara implisit adanya beras premium dan medium dalam tata niaga beras. Padahal sebelumnya mengatakan “sebenarnya tidak ada beras premium”.

5. Masalah monopoli sudah tidak dibahas. Mungkin karena sudah tahu kemampuan produksi PT IBU di bawah 1% dari konsumsi nasional.

6. Mentan bukan lulusan IPB.

***

[Moch Alfi]


ADA BERITA MENARIK SCROLL KE BAWAH www.NASIONAL.in
Sumber Berita :  [Gema Rakyat / pi]


[nasional.in/apik.apikepol.com]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: