Tak Cuma Di Dubai, Announcer Bahasa Jawa Juga Ada Di Juanda








Nasional.in ~  Tiga hari belakangan, jagat maya dibuat ngakak dengan announcer Bandara Internasional Dubai yang menggunakan Bahasa Jawa. Salah seorang warga Bandung, Wahyu Pratomo merekam suara itu lewat Insta Story akunnya hingga viral. Banyak netizen menanggapi positif atas gaung Bahasa Jawa yang Go Internasional.

Namun, ternyata announcer bandara berbahasa Jawa bukan hanya di Dubai saja. Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo juga mengaplikasikannya. Bahkan, bahasa yang dipakai adalah khas Suroboyoan.

Tidak banyak yang tahu bahwa Bandara Juanda memakai announcer Bahasa Jawa. Sebab, suara tersebut memang untuk kondisi khusus ."Cuma untuk penerbangan yang delay aja mas. Jadi setelah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, baru Bahasa Jawa," ujar salah seorang petugas Angkasa Pura kepada JawaPos.com, Senin (7/8).

Announcer berbahasa Jawa itu sudah dipakai sekitar akhir Juli lalu. Suara tersebut bisa didengar di seluruh area khusus penumpang. "Baik di Terminal 1 maupun Terminal 2 dipakai. Pokoknya setiap ada yang delay ada announcer bahasa jawa," lanjutnya.

Saat JawaPos.com mendatangi Bandara Juanda, suara announcer tersebut tidak terdengar di area khusus pengantar. Sebab, tidak banyak penerbangan yang delay pada Senin (7/8) siang.

Dikonfirmasi secara terpisah, Humas Angkasa Pura I Febrian Prayoga mengatakan, pihaknya sengaja menggunakan announcer berbahasa Jawa. "Penggunaan bahasa daerah itu bertujuan untuk menjaga kelestarian budaya dan bahasa setempat, sekaligus sebagai upaya mendukung kearifan lokal," ujar Febrian kepada JawaPos.com.

Penggunaan announcer bajasa daerah di Indonesia sendiri sebenarnya bukan cuma di Juanda. Di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta, pihak Angkasa Pura juga melakukan hal yang serupa. Di sana bahasa Jawa yang digunakan adalah kromo inggil (halus).

Sedangkan di Juanda, Angkasa Pura memang sengaja menggunakan bahasa Suraboyoan. "Kami ingin memberikan nuansa khas Jawa Timur serta kebanggaan bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya," pungkas Febrian.

ADA BERITA MENARIK SCROLL KE BAWAH www.NASIONAL.in
Sumber Berita : jawapos.com


[http://bit.ly/2uy06Ck]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: