Inilah Penjelasan Kemendagri Kenapa Gubernur Aceh Tidak Dilantik Di Istana







Pelantikan kepala daerah gelombang kedua hasil Pilkada Serentak 2017 akan berlangsung pekan depan. Berbeda dengan gelombang pertama lalu, pelantikan pada periode tersebut akan dipecah. Sebab, beberapa daerah di Aceh harus mengikuti mekanisme yang diatur dalam UU 11/2016 tentang Pemerintahan Aceh.

"’Aceh perlakuannya khusus, karena UU-nya juga khusus," ujar Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono seperti dikabarkan Jawa Pos, Jumat (30/6).

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menetapkan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih pada Pilkada Aceh 2017.

Pria yang akrab disapa Soni itu menjelaskan, pelantikan gubernur Aceh dilakukan pada 5 Juli di Banda Aceh. Pelantikan dilakukan Mendagri Tjahjo Kumolo di hadapan Mahkamah Syar'iyah Aceh dalam rapat paripurna DPRA. Hal itu berbeda dengan gubernur pada umumnya yang dilantik di Istana Negara oleh Presiden.

Sementara itu, pelantikan bupati dan walikota di Provinsi Aceh akan digelar setelahnya secara bertahap di ibukota kabupaten/kota masing-masing. Berdasar data akhir masa jabatannya, ada 10 kabupaten/kota di Aceh yang melakukan pelantikan. Di antaranya, bupati Aceh Singkil, Pidie, dan wali kota Banda Aceh.

Lantas, kapan bupati/walikota lainnya akan dilantik? Soni mengungkapkan, pelantikan kepala daerah lain yang masuk gelombang kedua dilakukan sebulan kemudian. "Serentak gelombang kedua 25 Agustus 2017," kata mantan pelaksana tugas (Plt) gubernur DKI Jakarta tersebut.

Soni menyebut ada 33 pasang kepala daerah yang masuk gelombang kedua, termasuk daerah di Aceh. Di antaranya, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Buton, Kota Kupang, hingga Kota Sorong.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo menyatakan, meski gubernur Aceh dilantik di Banda Aceh, pemerintah pusat tetap akan menggelar prosesi di Istana Negara. "Nanti ada upacara di Istana setelah pelantikan di Banda Aceh," tuturnya.

Politikus PDIP itu menilai, meski memiliki regulasi khusus, semua provinsi masih menjadi bagian dari Indonesia. "’Apa pun, gubernur saya ibaratkan tangan kanan presiden (di daerah)," terangnya.

Setelah pelantikan serentak gelombang kedua, masih ada sejumlah daerah Pilkada Serentak 2017 yang ikut di gelombang ketiga. Hal itu disebabkan adanya perbedaan akhir masa jabatan. Di antaranya, Provinsi DKI Jakarta, Kota Payakumbuh, Kota Tasikmalaya, dan Kota Cimahi.[rmol]


[M.Bersatu/apik.apikepol.com]

“Jika engkau punya teman – yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah- maka peganglah erat-erat dia, jangan pernah kau lepaskannya. Karena mencari teman -‘baik’ itu susah, tetapi melepaskannya sangat mudah sekali” [Imam Syafi'i]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: