Begini Reaksi Alumni 212 Soal Wacana Pembubaran Komnas HAM








Ketua Presidium Alumni 212 Ansufri Idrus Sambo tak sependapat dengan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah yang ingin membubarkan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).
Ia menilai kinerja Komnas HAM masih dianggap konsisten menangani kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di tanah air.
“Walaupun sebagian besarnya juga kita anggap masih pro rezim penguasa,” kata dia kepada Kriminalitas.com, Selasa (11/7/2017).
Terlebih, Komnas HAM saat ini juga tengah menangani laporan pihaknya terkait dugaan kriminalisasi terhadap aktivis dan ulama.
“Karenanya untuk saat ini kami belum melihat kalau ini layak untuk dievaluasi keberadaannya, Insya Allah masih banyak gunanya dalam penegakan HAM di Indonesia ini,” tuturnya.
Meski tak sependapat dengan pernyataan Fahri, namun ia menilai tak ada yang salah dengan pernyataan Politisi asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Menurutnya, komentar tersebut merupakan pernyataan politis Fahri sebagai Wakil Ketua DPR.

“Saya kira itu hanya pernyataan politis aja untuk mengoreksi anggota-anggota komisioner Komnas HAM yang tidak berpihak kepada penegakan Ham yang berkeadilan. It’s ok, masih dalam batas-batas wewenangnya sebagai Wakil Ketua DPR,” tutupnya.
Sebelumnya, desakan pembubaran Komnas HAM dan KPK disuarakan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. Menurutnya, sebagai lembaga nonstruktural keduanya memiliki tupoksi yang sudah diemban lembaga negara lainnya sehingga layak untuk dibubarkan.

sumber : kriminalitas


[M.Bersatu/apik.apikepol.com]

“Jika engkau punya teman – yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah- maka peganglah erat-erat dia, jangan pernah kau lepaskannya. Karena mencari teman -‘baik’ itu susah, tetapi melepaskannya sangat mudah sekali” [Imam Syafi'i]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: