Jokowi Kok Diam Saja, Kementerian ATR/BPN Kemana?







Jokowi Kok Diam Saja, Kementerian ATR/BPN Kemana?

Opini Bangsa - Pemerintah seharusnya tidak begitu saja mendiamkan para petani Telukjambe, Karawang yang sudah beberapa hari ini melakukan aksi kubur diri di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Pengamat politik, Karyono Wibowo menjelaskan, diperlukan adanya solusi dari pemerintah untuk menyelesaikan konflik sengketa lahan dengan PT. Pertiwi Lestari itu.

"Presiden perlu menugaskan Kementerian ATR/BPN atau instansi terkait untuk menanyakan keluhan mereka secara langsung," terang dia dalam perbincangan dengan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (27/4).

PT Pertiwi Lestari sendiri tidak menggubris surat yang telah dikeluarkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara agar perusahaan itu menghentikan aktivitasnya. Surat itu, dikeluarkan pada era Menteri Ferry Mursyidan Baldan.

Peneliti senior dari Indonesia Public Institute (IPI) ini menegaskan, tindakan yang dikeluarkan pemerintah juga harus mengedepankan kepentingan rakyat.

"Jadi, wajib memberikan solusi dalam bentuk kebijakan yang memuaskan semua pihak," terang dia.

Soal permintaan para petani Telukjambe untuk menemui Presiden Jokowi, menurut Karyono, sah sah saja. Namun, Karyono khawatir permintaan tersebut berdampak aksi-aksi lain dengan tuntutan yang sama.

"Tentu tidak setiap aksi ditemui presiden. Ada dampak lain yang kurang baik, itu kan nanti akan mendorong aksi yang sama. Tentu ada skala prioritas. Yang mendesak, yang penting, tapi bukan berarti aksi kecil diabaikan. Tentu presiden misalnya bisa juga mendelegasikan ke kementerian terkait atas kasus tanah itu," tandasnya.

Hingga saat ini, ada sepuluh orang petani Telukjambe yang masih melakukan aksi di depan Istana Merdeka Jakarta. Mereka akan terus melakukan aksi kubur diri hingga ditemui Presiden Jokowi. [opinibangsa.id / rmol]

[apikepol.com]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: