Membanggakan... Robot Alfarobi Karya Mahasiswa UGM Lolos Kontes Robot Nasional






Umatuna.com, JAKARTA - Prestasi kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kali ini robot hasil karya mahasiswa UGM lolos menuju Kontes Robot Nasional tingkat nasional pada Juli 2017 yang akan digelar di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.

Robot yang diberi nama Alfarobi itu lolos sebagai juara tiga dalam katagori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia regional empat di Universitas Brawijaya, Malang pada 4-6 Mei 2017. Sedangkan juara 1 diraih oleh robot Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, juara 2 robot Eros dari PENS dan juara 4 robot Atom dari UB.

"Tentu dengan ini kami senang, meski juara 3 yang terpenting kami lolos menuju KRI nasional, masih ada waktu bagi kami untuk melakukan evaluasi," ujar salah satu tim, Ilham, seperti dilansir dari laman UGM, Kamis (11/4/2017)

Ilham menjelaskan, robot Alafarobi mestinya mengikuti lomba KRI di regional 3, namun karena kategori robot sepak bola tidak banyak yang mengikuti maka Alfarobi ikut berlomba di KRI regional 4. Dalam lomba ini, Robot Alfarobi bertanding dengan 5 robot lain, yaitu Ichiro (ITS), Eros (PENS), R Square (UAD), Al Adiyat (UNY) dan Atom dari Universitas Brawijaya.

"Alhamdullilah meskipun sempat kalah dari ITS kita masih bisa memberikan perlawanan, dan mendapat urutan 3 dan lolos nasional," katanya.

Ia menjelaskan lomba KRSBI di UB dilakukan dengan sistem liga setengah musim. Dengan demikian, dari enam tim yang berlomba saling bertemu. Robot Alfarobi bertanding lima kali, dan dari lima kali pertandingan tersebut, robot UGM mengalami satu kali kalah dan empat kali seri.

"Kita mendapat poin 4. Poin ini sama dengan UAD dan UB. Oleh sebab itu, sebelum final dilakukan pertandingan tambahan, yaitu menentukan juara 3 dan 4 dengan cara adu pinalti. Dari tiga kali percobaan penendang, Robot Alfarobi berhasil memasukkan dua gol, UAD dan UB gagal memasukkan gol," terangnya. (okezone) [Ummatuna/Apikepol]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: